19 Oktober 2009

Akibat Malu Bertanya

Kenapa tuh mobil? Kalo mobil mogok mah biasa kali yah, tapi untuk kasus yang ini, mungkin bisa jadi pelajaran buat kita. Nah jadi gini nih ceritanya:

45 menit sebelumnya:
Gw lagi temen gw lagi isi bensin di pom bensin, sebelum kita mau narik2in modem di reseller kita. Tiba2 ada sebuah mobil kijang innova berenti di samping kiri mobil kita. Dengan sigap pengendaranya langsung keluar dari mobil dan menghampiri petugas pom.

Tapi setelah gw amati, ada sesuatu yang janggal dari innova ini, ini kira2 beberapa poin itu:
1. Emblem mobil innova 2.0 V. Feeling gw dah gak enak, karena .... (bersambung ke poin 2)


2. Kalo tuh mobil spek mesinnya 2.0 (a.k.a 2000 cc) kenapa diisi solar? Apa jangan2 oom yg punya mobil ini termasuk ricer car? tapi koq.... (besambung ke poin 3)

3. emblem 2.0 nya cocok sama emblem vvt-i (kode mesin toyota)?
Kemudian terjadi lha brainstorming di diri gw sendiri, ada beberapa analisis yg coba gw paparkan di dalam diriku:
1. Si oom yg punya innova ini bener2 ricer yang memikirkan komposisi emblem sesuai dengan spek mobil yang dia ingin tiru. Dia dah bener mau niru innova bensin tipe V. kasta paling tinggi dari varian bensin untuk innova. Kalo liat dari eksterior, terutama emblem, kita pasti bakal nyangka kalo nih mobil bener2 bensin, gk ada ciri2 innova solar tersisa. liat aja dari kode 2.0 V yang nunjukkin nih mobil ccnya 2000 (cc innova bensin) trus dipertegas sama emblem vvt-i di samping depan.
2. Si oom yang punya innova ini bener2 orang yang rendah hati, punya innova diesel, tp ngakunya bensin. Kenapa koq rendah hati? secara, harga innova diesel diatas innova bensin.
3. Mungkin ini mobil hybrid yang lagi di test drive sama orang toyota di lampung. Mobil hybrid yang bisa minum solar dan bensin. Luar biasa!! gw ngeliat mobil test drive. tp koq testnya di lampung? trus kenapa mobilnya ada lecet2, penyok, sama spion di lakban?
4. Atau jangan2 si oom ini baru make nih mobil ye? jadi dia gk tau tuh mobil harusnya minum bensin bukan solar.....

Akhirnya gw ngomong sama temen gw, komar... Kira2 gini dialog yang terjadi diantara gw dan komar:
Gw: Mar! tuh innova koq isinya solar ye bukannya bensin?
Komar: Iya lha bob! tuh innova paling mahal! liat aja serinya V (gk nyambung jawaban si komar sama gw...efek sarapan kopi pagi2)
Gw: Tapi mar, tuh innova 2.0 lho...kalo solar setau gw 2.5
Komar: Gak lha bob!
Gw: Iye mar! kalo diesel tuh 2.5
Komar: ya tah bob?
Langsung dah gw sama si komar ngakak.....

Gak lama tuh mobil jalan, trus muncul asap putih dari knalpotnya! dah kyk indian lagi kasih kode asap! si komar langsung ngomong! "bener tuh bob! gak bisa jalan tuh mobil!" tuh mobil dah kyk mobil goyang atau mungkin lebih cocok dibilang kyk mobil yg dibawa sama orang yang baru belajar bawa mobil. Kejut2 trus keluar asap putih dari knalpotnya....trus pas keluar dikit dari pom bensin....tiba2 tuh mobil.....
BERENTI!!! trus oom nya keluar dengan tampang bingung, ngebuka kap mesin...trus dia bilang sama mobil truk di belakangnya supaya minggir ke sebelah kanan jalan, karena mobilnya ada masalah....Wah bener dah!! nih orang salah isi! tp masih gk sadar....soalnya dari ekspresi dan tingkah lakunya seolah2 dia mau ngomong bahwa" gk tau nih! mesinnya tiba2 ada masalah!"....(bisa mampus!! wwkwkwkwkwk)

Gk lama, mobil kita jg dah beres isi bensin...trus ngehampiri tuh mobil dan si komar ngomong dengan lugunya "salah isi bensin itu pak!" trus gk lama tuh orang secara lugas, lantang dan langsung ngomong "Astaga Tuhan (Ow Em Ji!!)"

Pelajaran yang gw bisa petik dari kejadian pagi ini adalah:
1. Janganlah malu untuk bertanya bila gk tau. Benar itu peribahasa Malu bertanya sesat di jalan...masih mending kalo tersesat pas bawa mobil, mentok2 isi solar/bensin....tp kalo salah isi bensin/solar itu yang bikin susah sendiri.....mobil gk bisa jalan
2. Mobil hybrid (solar/bensin) belum masuk indonesia
3. Ciri2 mobil yang salah isi BBM: keluar asap putih ekstrim dari knalpot, mesin kejut, tarikan mobil jadi aneh, akhirnya gk bisa jalan
4. Harusnya gw bawa handycam atau gw rekam nih kejadian...trus gw masukkin ke youtube.
5. Gw jahat abis.....wkwkwkwkwkwk.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar