03 November 2009

Tutup - Kemas itu adalah Shut Down!!

Kemaren bisa dikatakan temanya tuh adalah back to basic, karena akhirnya gw ngurusin jaringan komputer. Finally!! wkwkwkwkwkwk!! Jadi kemaren gw, bareng bruder2 gw, which is adit n ali melakukan tamasya ke daerah....Sebenernya bukan tamasya sih, tp dinas kerja...hehehehe, jadi misi awalnya adalah nyalain komputer2 trus tunjukin kalo tuh komputer bekerja dengan baik! what an easy game!! target tugas selesai dalam waktu 1 jam, abis itu mau makan mie, bakso sama es!! TAPI!!!!

Ternyata kenyataan tidak seindah angan2, boro2 makan mie!! ternyata abis ngidupin komputer, ada tugas terselubung yg baru kita tau di tempat, ternyata bagian pengadaan perusahaan gw memasukkan jasa instalasi LAN!! Tp tenang, it's just a piece of cake for us! knp? karena basic gw kan jaringan komputer!! (Ngebanggain diri sendiri, pdhl ikut kursus cisco mau nangis darah!) Yah gampang lha, paling cuman nambah 15 menitan, apalagi jaringannya ternyata wireless!! gk usah setting IP2an lha, gk usah bikin kabel! jaringan wireless tuh bener2 gampang!! (tugas akhir gw kan wireless2an....hahahahaha!)

Jadi begini algoritma kerja yg gw terapkan:
1. Setting wireless router, gampanglah ini! tinggal masuk ke web browser, trus setting deh! 5 menit beres!
2. Konekin client ke router, ini lebih cepet lagi lha! 2 menit per komputer!
3. Tunjukkin ke client kalo jaringan telah terpasang
4. Pulang n menuju next project

Dengan algoritma paten yang gw temukan secara instan di Tempat Kejadian Perkara tersebut, mulailha gw bekerja dengan kecepatan maksimum! tahap awal berakhir dengan manis! kemudian ternyata ada sisipan dari tahap awal menuju tahap 2, yaitu ngebagi printer ke client, nah ini jg gampang! abis gw install driver printer, trus gw sharing deh, tp karena OSnya pake bahasa indo, sharing diubah menjadi BERBAGI-BAGI! LOL!! nah kemudian menuju tahap 2, tahap 2 jg berakhir dengan manis (menurut gw waktu itu!), karena semua client sudah terhubung dengan router, ping jg dah oke!! NAH!!! tp busuknya! koq gak bisa bagi2 pemakaian printer???

Wah stress abis gw!!! mana pas di klik kanan di printernya ada pilihan berbagi secara laring trus daring....kalo dalam bahasa inggris laring itu bentuk present continuous tense dari verb "lare".....tp lare itu bahasa indonya apa? OW EM JI!! daring sendiri gak menolong sama sekali, kalo diliat dari bentuk dasarnya yaitu "dare", berarti opsi ini adalah opsi bagi pembagi yang pemberani! ngehe!! dari cisco 1 sampe 4 gak ada teori tipe2 pembagi jaringan!! sumpah gw bengong abis!! lama gw bengong!! sangking lamanya dari jumlah customer yang ngeliatin gw kerja ada 4 orang, pelan2 semua nya keluar...trus sisain satu orang.....mana pas ngeliat muka orang itu gak memberikan inspirasi sama sekali lagi....adit jg sudah stress, karena blm makan siang, si ali dah resah mikirin bisa beres jem berapa si bangke (baca: gw!) satu ini...trus gw masih dalam posisi shock dan bengong.....bahasa indonesia di control panel benar2 membuat gw tersiksa!! sumpah!! bener2 tersiksa....refresh jadi segarkan! ow em ji!! Kemudian dalam bengong itu gw tersadar, kesalahan gw adalah:
1. tidak mengganti nama komputer masing2 komputer (semuanya USER-PC!! makanya cuman ada satu komputer di jaringan itu!!)
2. gw ngatur sharing dengan tidak ridho! masa gw bagi tp tetep kasih password!!

Setelah bertobat dari kekhilafan itu, gw akhirnya bisa menyelesaikan jaringan dengan gilang gemilang....wkwkwkwkwk......laen kali gw harus bawa kamus bahasa indonesia - inggris nih!! seriusan!! gw baru sadar kalo password itu adalah sandi!! ngehelha! penyadaran itu yg bikin bengong gw lama!

Akhirnya rencana makan mie, bakso sama es buah....tp gw ada sedikit oleh2....besok gw upload di sini oleh2nya....

Seperti yang sudah gw janjikan (telat sehari), ini oleh2nya:



^ Adit yang berhasil ngambil 2 gelas AQUA pulang tanpa ketauan, what a man!!!



^ Adit yang makin keliatan mengalami kemunduran mental karena telat makan, dan Ali yang bete nungguin si bangke (baca: gw) nyetting wireless....

2 komentar:

  1. om..
    foto foto keanehannya di posting dunk,asal jangan foto gw aja ya!!
    wkwkwkwkwkwkwkkk..

    BalasHapus
  2. sudah tuh dit! dah gw tambahin komen....

    BalasHapus